ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA CV. SINAR BINTANG NIAGA (INDUSTRI KERAJINAN KUNINGAN)

Ita Setiyani, Ita Setiyani (2022) ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA CV. SINAR BINTANG NIAGA (INDUSTRI KERAJINAN KUNINGAN). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
full SKRIPSI Ita Setiyani.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Banyak perusahaan yang menjual atau memproduksi barang yang sama dengan perusahaan lain akan menjadi masalah bagi suatu perusahaan karena dapat mengikis eksistensi pangsa pasar tersebut. Hal tersebut termasuk permasalahan yang terjadi di CV. Sinar Bintang Niaga, selain itu masalah target pasar yang tidak terpenuhi menuntut produsen untuk memiliki strategi pemasaran yang baik. Tidak adanya target yang jelas dalam proses produksi maupun penjualan diperusahaan menyebabkan volume penjualan tidak terkondisikan bahkan menurun, oleh karena itu suatu perusahaan perlu menentukan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan utama dari sebuah usaha adalah mencapai laba yang tinggi. Hal ini juga menjadikan tolak ukur sukses atau tidaknya sebuah usaha dalam mencapai tujuannya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk di terapkan pada CV. Sinar Bintang Niaga dengan mengimplementasikan strategi pemasaran STP dan saluran distribusi untuk meningkatkan volume penjualan. Strategi pemasaran dalam penelitian ini menggunakan strategi STP (segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar) berdasarkan teori Rangkuti (2009) dan saluran distribusi berdasarkan teori Basu Swastha (2005). Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis SWOT berdasarkan teori Rangkuti (2008). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, populasi dan pengambilan sampel sumber data dilakukan secara probability sampling. Di dalam penelitian ini sampel yang di pilih terdiri dari 9 informan. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis SWOT. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perusahaan ini berdasarkan hasil dari nilai matriks IFAS diperoleh hasil kekuatan 2,21dan kelemahan 1,00, sedangkan nilai matriks EFAS diperoleh hasil peluang 2,20 dan ancaman 1,01, berdasarkan analisis SWOT tersebut CV. Sinar Bintang Niaga berada di posisi strategi SO yaitu penggabungan strategi dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Strategi ini dirasa cocok untuk di implementasikan karena sesuai dengan keadaan perusahaan yang berada pada tahap pertumbuhan yang menandakan perusahaan yang kuat dan mampu untuk berkembang dengan mengambil kesempatan atau peluang yang ada untuk memperoleh omset yang maksimal. Kebijakan yang dapat di ambil untuk pemasaran di CV. Sinar Bintang Niaga yaitu untuk kebijakan internal perusahaan harus pempertahankan desain produk yang selalu menarik dan selalu menyediakan desain terbaru setiap bulannya serta menambah media penjualan online. Sedangkan untuk kebijakan eksternalnya perusahaan harus mempertahankan hubungan baik dengan masyarakat dan mitranya. Kata kunci : Strategi Pemasaran STP, Volume penjualan, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:43
Last Modified: 25 Oct 2023 08:43
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item