PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, POTONGAN HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA DI SHOPEE

IQLIMA BARROROH MAGHFIRAN, IQLIMA BARROROH MAGHFIRAN (2022) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, POTONGAN HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA DI SHOPEE. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
SKRIPSI IQLIMA BARROROH M 16510094.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelian tidak terencana adalah pembelian yang terjadi ketika konsumen melihat produk atau merek tertentu, kemudian konsumen menjadi tertarik untuk mendapatkannya, biasanya karena adanya rangsangan yang menarik dari toko tersebut (Utami, 2010). Pembelian tidak terencana ini sering terjadi pada mahasiswa yang memiliki jiwa konsumtif yang sangat tinggi dan mengedepankan gengsi. Tujuan dari penelitian ini adalah unutuk mengetahui pengaruh dari promosi penjualan, potongan harga dan kualitas produk terhadap pembelian tidak terencana di Shopee pada mahasiswa FEB UNDARIS. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB UNDARIS angkatan 2016 dan 2017 yang berjumlah 118 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 91 responden. Jenis data dalam penelitiann ini adalah data kuantitatif. Program pengolahan data yang digunakan adalan EViews 10 dengan teknik analisa data berupa : uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi sederhana dan berganda, analisis regresi linier sederhana dan berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, menunjukkan hasil promosi penjualan memperoleh nilai t hitung sebesar 2,473 > t tabel sebesar 1,98761 dengan nilai probabilitas sebesar 0,0153 < 0,05 yang dapat dikatakan H1 diterima dan H0 ditolak. Potongan harga memperoleh nilai t hitung sebesar 2,591 > t tabel sebesar 1,98761 dengan nilai probabilitas sebesar 0,0112 < 0,05 yang dapat dikatakan H2 diterima dan H0 ditolak. Kualitas produk diperoleh nilai t hitung sebesar 3,169 > t tabel sebesar 1,98761 dengan nilai probabilitas sebesar 0,0021 < 0,05 yang artinya bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana di Shopee pada mahasiswa FEB UNDARIS atau dapat dikatakan H3 diterima dan H0 ditolak. Hasil statistik uji F diperoleh nilai F hitung 23,23 yang lebih besar dari F tabel 2,126 (23,23 > 2,126) dengan nilai probabilitas sebesar 0,0000 lebih kecil dari 0,05 (0,0000 < 0,05) maka dapat dikatakan bahwa promosi penjualan (X1), potongan harga (X2) dan kualitas produk (X3) secara bersama-sama berpengaruh terhadap pembelian tidak terencana (Y) di Shopee pada mahasiswa FEB UNDARIS atau dapat dikatakan H4 diterima dan H0 ditolak. Kata kunci : Pembelian Tidak Terencana, Promosi Penjualan, Potongan Harga, Kualitas Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:40
Last Modified: 25 Oct 2023 08:40
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item