PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI DUREN DESA DUREN KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG

Yulianti, Suryaningsih (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI DUREN DESA DUREN KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI FKIP/PGSD)
Yulianti Suryaningsih PGSD 2023.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Yulianti Suryaningsih. 2023. Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III di SD Negeri Duren, Desa Duren Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Drs. H. Abdul Karim, M.H, Pembimbing Pendamping: Nimas Puspitasari, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca siswa kelas III dan masih menggunakan metode ceramah dan penugasan di SDN Duren Bandungan. Rumusan masalahnya yaitu apakah metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SD Negeri Duren Desa Duren Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SD Negeri Duren Desa Duren Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 25 siswa semester II SD Negeri Duren Bandungan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Duren Bandungan pada tanggal 6 dan 14 Februari 2023. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan penilaian kemampuan membaca siswa kelas III, observasi keterampilan guru dan observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Analisis data yang digunakan adalah penilaian kemampuan membaca siswa kelas III, analisis data keterampilan guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SD Negeri Duren Desa Duren Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Hal ini terlihat adanya peningkatan kemampuan membaca siswa kelas III pada siklus I sebanyak 32% dan pada siklus II sebesar 88% sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 56% sudah memenuhi keriteria ketuntasan yaitu 75% pada siklus II. Peningkatan keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I sebesar 52,78 dikonversikan ke skala 4 menjadi 2,11 dengan kualifikasi cukup, pada siklus II sebesar 83,33 dikonversikan ke skala 4 menjadi 3,33 dengan kualifikasi baik. Hal yang sama juga terjadi pada aktivitas siswa yaitu pada siklus I sebesar 52,71 dikonversikan ke skala 4 menjadi 2,11 dengan kualifikasi cukup pada siklus II sebesar 61,43 dikonversikan ke skala 4 menjadi 2,45 dengan kualifikasi baik. Dari data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SD Negeri Duren Desa Duren Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Metode Demonstrasi v ABSTRACK Yulianti Suryaningsih. 2023. Improving Reading Ability Using the Demonstration Method for Class III Students at SD Negeri Duren, Duren Village, Bandungan District, Semarang Regency. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Darul Ulum Islamic Center Sudirman GUPPI Ungaran. Main Advisor: Drs. H. Abdul Karim, M.H, Counselor: Nimas Puspitasari, S.Pd, M.Pd. The background of this research is the lack of reading ability of class III students and still using the lecture and assignment method at SDN Duren Bandungan. The formulation of the problem is whether the demonstration method can improve the reading ability of third grade students at SD Negeri Duren, Duren Village, Bandungan District, Semarang Regency. This study aims to improve the reading skills of third grade students at SD Negeri Duren, Duren Village, Bandungan District, Semarang Regency. The type of research used is classroom action research. The research subjects were class III students with a total of 25 semester II students at SD Negeri Duren Bandungan. This research was conducted at Duren Bandungan Public Elementary School on February 6 and 14 2023. The data collection technique for this research was by assessing the reading abilities of class III students, observing teacher skills and observing student activities during the learning process. The data analysis used was the assessment of the third grade students' reading ability, the data analysis of teacher skills and student activities. The results showed that: the use of the demonstration method can improve the reading ability of third grade students at Duren Elementary School, Duren Village, Bandungan District, Semarang Regency. This can be seen from an increase in the reading ability of class III students in cycle I by 32% and in cycle II by 88% so that the increase from cycle I to cycle II, namely 56%, fulfilled the completeness criteria, namely 75% in cycle II. The increase in teacher skills in teaching in cycle I was 52.78 converted to a scale of 4 to 2.11 with sufficient qualifications, in cycle II it was 83.33 converted to a scale of 4 to 3.33 with good qualifications. The same thing happened to student activities, namely in cycle I of 52.71 converted to a scale of 4 to 2.11 with sufficient qualifications in cycle II of 61.43 converted to a scale of 4 to 2.45 with good qualifications. From these data it can be concluded that the use of the demonstration method can improve the reading ability of third grade students at Duren Elementary School, Duren Village, Bandungan District, Semarang Regency. Keywords: Reading Ability, Demonstration Method

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:11
Last Modified: 25 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item View Item