PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SD ISLAM NURUS SUNNAH KOTA SEMARANG

NUANSA AYU, PRISCA ANDINI (2022) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SD ISLAM NURUS SUNNAH KOTA SEMARANG. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
NUANSA AYU PRISCA A PGSD 2022 (REPO).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Nuansa Ayu Prisca Andini. 2022. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SD Islam Nurus Sunnah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dr. Sutomo, M.Pd, Pembimbing Pendamping: Nimas Puspitasari, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangani oleh keunikan yang terdapat di SD Islam Nurus Sunnah yaitu sekolah dasar yang telah terakreditasi A dan merupakan sekolah Islam yang sebagian besar guru perempuannya memakai cadar. Keunikan ini belum pernah peneliti temukan di sekolah lain di Semarang. Peneliti ingin mendiskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah. Fokus pada penelitian ini meliputi: (1) komitmen kepala sekolah terhadap visi sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya; (2) sikap dan perilaku teladan kepala sekolah yang dapat menjadi panutan bagi seluruh warga sekolah; (3) kepala sekolah membimbing serta mengarahkan guru dalam memecahkan masalah�masalah kerjanya, dan bersedia memberikan bantuan secara proporsional dan profesional; (4) kepala sekolah memberikan ruang pemberdayaan sekolah kepada seluruh warga sekolah; (5) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu dan produktivitas sekolah; serta (6) kepala sekolah melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Penelitian dilaksanakan pada Mei hingga Agustus 2022. Dari hasil analisis diperoleh simpulan bahwa kepala SD Islam Nurus Sunnah: (1) berkomitmen terhadap visi sekolah dalam menjalan tugas dan fungsinya; (2) menunjukkan sikap dan perilaku teladan yang dapat menjadi panutan bagi warga sekolah; (3) membimbing serta mengarahkan guru dalam memecahkan masalah�masalah kerjanya; (4) memberikan ruang pemberdayaan sekolah kepala seluruh warga sekolah; (5) meningkatkan mutu dan produktivitas sekolah; serta (6) melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkesinambungan. Direkomendasikan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan guru dan peserta didik di dalam pembelajaran, meningkatkan kualitas guru, serta menjaga lingkungan sekolah. Kata kunci: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mutu Sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 31 Dec 2022 04:28
Last Modified: 31 Dec 2022 04:28
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item