PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KANDANGAN 03 KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG

MASLICHATUL, UMAMI (2022) PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KANDANGAN 03 KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
MASLICHATUL U PGSD 2022 (REPO).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Maslichatul Umami. 2021. Pengaruh Pendekatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kandangan 03 Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Drs. Moh. Fakih, M.Si, Pembimbing Pendamping: Puji Winarti, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar serta siswa yang merasa bosan dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalahnya yaitu apakah Pendekatan Lingkungan sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Kandangan 03. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kandangan 03. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian yang digunakan The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Kandangan 03. Siswa kelas eksperimen berjumlah 14 siswa, sedangkan siswa kelas kontrol berjumlah 14 siswa. Sampel dipilih secara Sampling Purposive dengan ukuran sampel 28 siswa. Penelitian ini dilakukan pada 18 sampai 21 April 2022 di SDN Kandangan 03. Variabel-variabel yang diteliti meliputi: pendekatan lingkungan sebagai sumber belajar dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes untuk mengukur hasil belajar IPA siswa kelas IV. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan lingkungan sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kandangan 03. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil uji hipotesis dengan rumus uji t, yaitu dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,56743>2,056) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh pendekatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kandangan 03. Kata kunci: pendekatan lingkungan sebagai sumber belajar, hasil belajar IPA iv ABSTRACT Maslichatul Umami. 2021. The Effect of Environmental Approaches as Learning Resources on the Learning Outcomes of Fourth Grade Students at SDN Kandangan 03, Bawen District, Semarang Regency. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Darul Ulum University Islamic Center Sudirman GUPPI Ungaran. Main Advisor: Drs. Moh. Fakih, M.Si, Advisor: Puji Winarti, M.Pd. This research is motivated by less than optimal learning outcomes and students who feel bored in learning science. The formulation of the problem is whether the Environmental Approach as a learning resource affects the learning outcomes of science in grade IV students of SDN Kandangan 03. The type of research used is quantitative research. This study aims to determine the effect of the environmental approach as a learning resource on science learning outcomes for fourth grade students at SDN Kandangan 03. The research model used is Quasi Experimental Design research with the research design used The Nonequivalent Control Group Design. The research population was all fourth grade students at SDN Kandangan 03. The experimental class students were 14 students, while the control class students were 14 students. The sample was selected by purposive sampling with a sample size of 28 students. This research was conducted from 18 to 21 April 2022 at SDN Kandangan 03. The variables studied included: environmental approach as a learning resource and science learning outcomes. The data collection technique used in this research is a test technique to measure the science learning outcomes of fourth grade students. Hypothesis testing using t-test by conducting normality test and homogeneity test first. The results showed that the environmental approach as a learning resource had an effect on the science learning outcomes of fourth grade students at SDN Kandangan 03. This was evidenced by the results of hypothesis testing using the t-test formula, with the t-count value greater than t-table (3.56743>2.056 ) then Ha is accepted and Ho is rejected. This means that there is an influence of the environmental approach as a learning resource on the fourth grade science learning outcomes of SDN Kandangan 03. Keywords: environmental approach as learning resources, science learning outcomes

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 31 Dec 2022 04:10
Last Modified: 31 Dec 2022 04:10
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item