EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN WHATSAPP PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 1 TAJEMSARI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN

AULIA, WIDY JUNIARTO (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN WHATSAPP PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 1 TAJEMSARI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
AULIA WIDI J PGSD 2022 (REPO).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Juniarto, Aulia Widy. 2022. Efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan WhatsApp Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD Negeri 1 Tajemsari Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Drs. H. Abdul Karim, MH. Pembimbing Pendamping: Nimas Puspitasari, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi kemunculan virus COVID-19 di Indonesia yang mengakibatkan dampak pada aspek pendidikan sehingga proses belajar mengajar terganggu. Maka pemerintah menyatakan suatu kebijakan BDR (belajar dari rumah), berdasarkan pada SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yang diperkuat dengan SE Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan BDR (belajar dari rumah) selama darurat COVID-19. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi dampak dari pandemi yaitu dengan melaksanakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring di SD Negeri 1 Tajemsari menggunakan aplikasi WhatsApp. Penggunaan aplikasi WhatsApp ini diharapkan memudahkan guru dan siswa melaksanakan pembelajaran secara daring. Fokus penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran daring dengan menggunaan WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci tentang seberapa efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mengunakan teknik triangulasi, pengecekan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dari beberapa sumber diantaranya: guru kelas sebanyak 2 orang, siswa kelas IV A dan IV B sebanyak 12 orang, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi WhatsApp di SD Negeri 1 Tajemsari dikatakan efektif untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru, siswa dan kepala sekolah yang menunjukan bahwa penggunaan aplikasi WhatsApp efektif untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Kata kunci: Efektivitas pembelajaran, WhatsApp, pembelajaran daring. v ABSTRACK Juniarto, Aulia Widy. 2022. The Effectiveness of Online Learning Using WhatsApp During the COVID-19 Pandemic at SD Negeri 1 Tajemsari Tegowanu District, Grobogan Regency. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program. Faculty of Teacher Training and Education. University of Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Main Advisor: Drs. Abdul Karim, M.H, Counselor Advisor: Nimas Puspitasari, M.Pd. This research is motivated by the emergence of the COVID-19 virus in Indonesia which has an impact on aspects of education so that the teaching process is disruptod. So, the goverment declared a BDR ( belajar dari rumah), policy based on the Minister of Education an Culture Decree no. 4 of 2020 which was strenghthned by SE No. 15 of 2020 Concering Guidelines for the Implementation of BDR (belajar dari rumah) during the COVID-19 emergency one of the efforts that can be done overcome the impact of the pandemic is to carry out online learning. Online learning at SD Negeri 1 Tajemsari have used the WhatsApp application. The use of the WhatsApp application is expected to make it easier for teacher and student to carry out online learning. The focus this research is the effectiveness of online learning by using WhatsApp. This study aims to describe in detail how effective online learning by using the WhatsApp application. The type research used is qualitative research. This study has used triangulation techniques checking data through interviews and document. Data were obtained from several sourches including: 2 class teachers, 12 class IV A and IV B students, and the school principals. The result showed that online learning using the WhatsApp application at SD Negeri 1 Tajemsari was said to be effective to replace face to face learning. This is evidenced by the result of interviews conducted with teacher, student and school principals. Who show that the use of WhatsApp application is effective for carrying out online learning. Key words: Learning effectivenes, WhatsApp, Online Learning

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 31 Dec 2022 04:02
Last Modified: 31 Dec 2022 04:02
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item