PENGARUH MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN KALONGAN 02 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

NIAN, PANGESTI CAHYANINGRUM (2022) PENGARUH MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN KALONGAN 02 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
SKRIPS~1.PDF - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Nian Pangesti Cahyaningrum. 2022. Pengaruh Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Kalongan 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Sri Widayati, M.Si, Pembimbing Pendamping: Nimas Puspitasari, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media yang belum optimal sehingga berdampak terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V yang rendah. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan media crossword puzzle karena dengan media ini suasana belajar menjadi menyenangkan dan keaktifan siswa meningkat sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Rumusan masalahnya yaitu adakah pengaruh media crossword puzzle terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Kalongan 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media crossword puzzle terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Kalongan 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa kelas V SDN Kalongan 02 Ungaran timur. Kelompok eksperimen berjumlah 32 siswa dari kelas VB, sedangkan kelompok kontrol berjumlah 31 siswa dari kelas VA. Sampel yang dipilih yaitu sampling jenuh dengan seluruh jumlah populasi yang digunakan sabagai sampelnya. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 sampai 21 Mei 2022 di SDN Kalongan 02. Variebel yang diteliti meliputi: media crossword puzzle dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah teknik tes untuk mengukur hasil belajar IPS siswa kelas V. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan melakukan uji prasayarat terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media crossword puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Kalongan 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten semarang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil uji hipotesis dengan rumus uji t, yaitu nilai ????ℎ???????????????????? lebih besar dari ???????????????????????? (4,021 > 2,000) maka ???????? diterima dan ???????? ditolak. Artinya ada pengaruh media crossword puzzle terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Kalongan 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Kata kunci: media crossword puzzle, hasil belajar IPS v ABSTRACT Nian Pangesti Cahyaningrum. 2022. The Effect of Crossword Puzzle Media on Social Studies Learning Outcomes for Class V SDN Kalongan 02, Ungaran Timur District, Semarang Regency. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Darul Ulum University Islamic Center Sudirman Ungaran. Main Advisor: Dra. Sri Widayati, M.Si, Advisor: Nimas Puspitasari, M.Pd. This research is motivated by the use of media that is not optimal so that it has an impact on the low social studies learning outcomes of fifth grade students. From these problems the researchers used crossword puzzle media with this media. The learning atmosphere became fun and student activity increased so that it affected the social studies learning outcomes of class V students because . Semarang Regency. The purpose of this study was to determine the effect of crossword puzzles on social studies learning outcomes for class V SDN Kalongan 02, Ungaran Timur District, Semarang Regency. The type of research used is experimental quantitative research. The research design used was a pretest-posttest group design. The population in this study amounted to 63 fifth grade students at SDN Kalongan 02 Ungaran Timur. The experimental group consisted of 32 students from class VB, while the control group consisted of 31 students from class VA. The selected sample is saturated sampling with the entire population used as the sample. This research was conducted from 17 to 21 May 2022 at SDN Kalongan 02. The variables studied included: crossword puzzle and social studies learning outcomes. The data collection technique used in this research is a test technique to measure the social studies learning outcomes of class V students. Hypothesis testing uses t-test by conducting prerequisite tests first. The results showed that the crossword puzzle had an effect on the social studies learning outcomes for class V SDN Kalongan 02, Ungaran Timur District, Semarang Regency. This is evidenced by the acquisition of the results of hypothesis testing with the t-test formula, which is a value ????ℎ???????????????????? greater than ???????????????????????? (4,021 > 2,000) then was ???????? accepted and ???????? rejected. This means that there is an effect of crossword puzzles on social studies learning outcomes for class V SDN Kalongan 02, Ungaran Timur District, Semarang Regency. Keywords: media crossword puzzles, social studies learning outcomes.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 31 Dec 2022 03:57
Last Modified: 31 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item