PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN BUDAYA DAN PERILAKU ISLAMI SISWA KELAS V SD NEGERI GEDAWANG 02 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022-202

LELI, . (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN BUDAYA DAN PERILAKU ISLAMI SISWA KELAS V SD NEGERI GEDAWANG 02 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022-202. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
LELI FAI 2022 (REPO).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Leli. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Budaya dan Perilaku Islami Siswa Kelas V SD Negeri Gedawang 02 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022-2023. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS 2022. Mewujudkan budaya dan perilaku islami siswa merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab pendidik, termasuk peran Guru Pendidikan Agama Islam. Budaya dan perilaku islami siswa tidak tumbuh begitu saja, akan tetapi budaya dan perilaku siswa haruslah dibentuk dan diusahakan sedemikian rupa agar budaya dan perilaku siswa sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menggambarkan peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan budaya dan perilaku islami siswa kelas V SD Negeri Gedawang 02 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022-2023. (2) mengetahui efektivitas program kegiatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan budaya dan perilaku islami siswa SD Negeri Gedawang 02 kecamatan Banyumanik Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif deskriptif, yaitu suatu penelitan yang dimaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subyek penelitian, misalnya perilaku, persepdi, motivasi, tindakan dan lain-lian, secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusu yang alamiah. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara (Interview), dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk budaya dan perilaku islami siswa kelas V SD Negeri Gedawang 02 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang adalah : (1) Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai peran yang sangat besar dalam membentuk budaya dan perilaku islami siswa. (2) program yang yang diprogramkan Guru Pendidikan Agama Islam berupa program harian, mingguan, maupun program tahunan, dan peringatan hari besar Islam sangat efektif dalam mewujudkan budaya dan perilaku islami siswa SD Negeri Gedawang 02 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Budaya dan Perilaku Islami

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:11
Last Modified: 30 Dec 2022 04:11
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item