PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITA RASA, DAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA OUTLAT MINUMAN ICE SIBOT SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SALATIGA

ANITA, DWI SUNDARI (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITA RASA, DAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA OUTLAT MINUMAN ICE SIBOT SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SALATIGA. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
SKRIPSI ANITA DWI SUNDARI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sulitnya bahan baku yang diperoleh dari pemasok akibat dari pandemi covid�19 mengakibatkan kualitas produk Minuman Ice Sibot menurun, hal tersebut mengakibatkan komplain dari konsumen. Belum adanya diferensiasi produk, cita rasa Minuman Ice Sibot masih kurang menjadi daya tarik bagi konsumen. Adapun promosi yang dilakukan belum konsisten dan berskala membuat tersampaikannya informasi ke konsumen belum cukup besar. Faktor-faktor tersebut di identifikasikan sebab terjadinya penurunan penjualan Minuman Ice Sibot. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan variabel independen yang digunakan kualitas produk, cita rasa, dan promosi serta variabel dependen adalah tingkat penjualan. Sample dalam penelitain ini sejumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data angket, teknik analisis data menggunakan program pengolahan data SPSS versi 23. Selanjutnya penelitian menemukan bahwa kualitas produk, cita rasa, dan promosi terhadap tingkat penjualan pada Minuman Ice Sibot di Kota Salatiga selama pandemi covid-19. Dengan nilai koefisien korelasi kualitas produk sebesar 0,727 , cita rasa sebesar 0,748 dan promosi sebesar 0,753. Selain itu kualitas produk, cita rasa, dan promosi juga mempunyai pengaruh terhadap tingkat penjualan yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi untuk kualitas produk sebesar 0,785, cita rasa sebesar 0,687 dan promosi sebesar 0, 682. Pengaruh kualitas produk, cita rasa, dan promosi secara bersama – sama berpengaruh terhadap tingkat penjualan ditunjukan dari hasil uji determinasi sebesar 0,64,5% dengan nilai Fhitung (60.954) > Ftabel ( 3,09) dengan signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh positif signifikan antara predictor (X1) kualitas produk, predictor (X2) cita rasa, predictor (X3) promosi terhadap response (Y) Tingkat penjualan pada Minuman Ice Sibot di Kota Salatiga baik secara parsial atau simultan. Semakin meningkat kualitas produk, semakin meningkat cita rasa, semakin meningkat promosi maka tingkat penjualan semakin meningkat. Kata Kunci : Kualitas Produk, Cita Rasa, Promosi, Dan Tingkat Penjualan v ABSTRACT The difficulty of obtaining raw materials from suppliers as a result of the covid -19 pandemic has resulted in the quality of the Ice Sibot Drink product decreasing, this has resulted in complaints from consumers. The absence of product differentiation, the taste of Ice Sibot Drinks is still less attractive to consumers. The promotions that have been carried out have not been consistent and on a large scale so that the information conveyed to consumers is not large enough. These factors were identified as the cause of the decline in sales of Ice Sibot Drinks. In this study the method used is quantitative research with the independent variables used are product quality, taste, and promotion and the dependent variable is the level of sales. The sample in this research is 100 respondents. Questionnaire data collection techniques, data analysis techniques using SPSS version 23 data processing program. Furthermore, the study found that product quality, taste, and promotion of the level of sales of Ice Sibot Drinks in Salatiga City during the covid-19 pandemic. With the value of the correlation coefficient of product quality of 0.727, taste of 0.748 and promotion of 0.753. In addition, product quality, taste, and promotion also have an influence on the level of sales as indicated by the regression coefficient value for product quality of 0.785, taste of 0.687 and promotion of 0.682. Effect of product quality, taste, and promotion together – the same effect on the level of sales is shown from the results of the determination test of 0.64.5% with a value of Fcount (60.954) > Ftable (3.09) with a significance of 0.000 which is smaller than a significance level of 0.05. The conclusion of this study is that there is a significant positive effect between the predictor (X1) of product quality, predictor (X2) of taste, predictor (X3) of promotion on response (Y) The level of sales of Ice Sibot Drinks in Salatiga City either partially or simultaneously. The higher the quality of the product, the better the taste, the more promotions, the higher the level of sales. Keywords: Product Quality, Taste, Promotion, And Sales Leve

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: DODI GITMI DWI RIANTO
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:47
Last Modified: 06 Dec 2022 07:47
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item