IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA PGSD UNDARIS

Puspitasari, Nimas and Legowo, YAS (2021) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA PGSD UNDARIS. Technical Report. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan.

[img] Text
Implementasi Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan Bagaimana Implementasi penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran daring pada mahasiswa PGSD UNDARIS. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang menceritakan fenomena – fenomena yang lebih bersifat alamiah. Teknik analisis data ini menggunakan triangulasi teknik yaitu menggabungkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi penggunaan Google Classroom pada mahasiswa PGSD sudah dapat dikatakan berjalan baik dan lancar. hal ini dilihat dengan dosen melakukan perencanaan sebelum melangsungkan kegiatan pembelajaran daring ini yaitu menyiapkan silabus, RPKPS, hingga tugas sesuai dengan materi. Untuk membantu pembelajaran daring ini dosen menyiapkan media pembelajaran, video pembelajaran. video, gambar dan PPT. Pada pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan dengan Strategi dan media yang sesuai dengan materi yang dibahas, sehingga dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan. Mahasiswa sudah bisa memanfaatkan Google Classroom sebagai media dalam pembelajaran daring dan juga dari nilai-nilai seharian yang dikerjakannya mahasiswa telah tercapai. Pada evaluasi penggunaan Google Classrooom, dosen melakukan evaluasi penilaian yang diamati secara online baik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Kendala yang didapatkan selama pembelajaran daring dengan menggunakan Google Classroom bahwa sering sekali terkendala masalah jaringan baik itu dari dosen maupun dari mahasiswanya. Kata kunci: Google Classroom, Pembelajaran Daring

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.Pd.M.Pd. Yogi Ageng Sri Legowo
Date Deposited: 02 Jul 2022 04:12
Last Modified: 02 Jul 2022 04:12
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item