Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Konservasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Nurul IslamBatur 02 Kec. Getasan Kab. Semarang pada Masa Pendemi Covid-19 Tahun 2020

Rina, Rina (2020) Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Konservasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Nurul IslamBatur 02 Kec. Getasan Kab. Semarang pada Masa Pendemi Covid-19 Tahun 2020. Documentation. RINA PRIARNI, UNDARIS. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITINA FIX.pdf

Download (656kB)

Abstract

Kerusakan alam yang terjadi dan membuat rasa menjadi tidak nyaman untuk ditinggali adalah tak lain ulah manusia itu sendiri yang melakukan pengrusakan tanpa adanya pelestarian, Oleh karenanya, nilai-nilai budaya peduli lingkungan berbasis konservasi ini akan lebih baik jika ditanamkan melalui proses pembelajaran di kelas. Sehingga sikap peduli lingkungan berbasis konservasi tersebut akan mengkarakter dalam jiwanya untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pembelajaran Fiqih di MI Nurul Islam Batur 02 pada masa pendemi covid-19 (2) Untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan berbasis Konservasi pada Mata Pelajaran Fiqih bab Wudhu di MI Nurul Islam Batur 02 pada masa pendemi covid-19 (3) Untuk mengetahui Problematika Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan berbasis Konservasi pada Mata Pelajaran Fiqih bab Wudhu di MI Nurul Islam Batur 02 pada masa pendemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang di tujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individu atau kelompok.Pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Sedangkan waktu penelitian adalah waktu yang digunakan untuk melakukan riset terhadap objek yang menjadi pusat perhatian. Dalam hal ini, penulis melakukan penelitian di MI Nurul Islam Batur 02 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis konservasi pada mata pelajaran fiqih di MI Nurul Islam Batur 02 adalah : (1) Pembelajaran fiqih di MI Nurul Islam Batur 02 bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam dalam fiqih ibadah terutama bab wudhu. (2) Pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis konservasi pada mata pelajaran fiqih bab wudhu meliputi pemahaman rukun wudhu, kebersihan tempat wudhu, penghematan air wudhu, pemanfaatan sisa air wudhu untuk penyiraman madrasah (3) Problematika implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis konservasi pada mata pelajaran fiqih bab wudhu di MI Nurul Islam Batur 02 meliputi kurangnya kedisplinan peserta didik dalam hal kebersihan, penguasaan IPTEK guru dalam pembelajaran belum maksimal, Perencanaan pembelajaran, pemahaman guru terhadap perbedaan setiaap individu peserta didik masih rendah, dan pemahaman guru tentang pendidikan karakter masih kurang. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Konservasi, Fiqih

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I Rina Priarni
Date Deposited: 05 Feb 2022 06:40
Last Modified: 05 Feb 2022 06:40
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item